Blog ini berisi artikel-artikel, karya tulis ilmiah, dan berita mengenai Hukum dan Sosial

Tuesday, May 08, 2018

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN HIBAH DAN WASIAT


A.    PERSAMAAN DAN PERBEDAAN HIBAH DAN WASIAT DARI SEGI PENGERTIAN
Pengertian wasiat
Pengertian yang diberikan oleh ahli hukum wasiat ialah "memberikan hak secara suka rela yang dikaitan dengan keadaan sesudah mati, baik diucapkan dengan kata-kata atau bukan” sedangkan menurut Sayid Sabiq mendefinisikan sebagai berikut : “wasiat itu adalah pemberian seseorang kepada orang lain baik berupa barang, piutang , ataupun manfaat untuk dimiliki oleh orang yang diberi wasiat setelah yang berwasiat mati.”
Pengertian Hibah
            Pemberian suatu benda secara sukarela dan tanpa imbalan dari seseorang kepada orang lain yang masih hidup untuk dimiliki, diberikan pada saat itu pula ketika si penghibah masih hidup. Dan penerima hibah masih hidup.
Persamaan Antara Hibah dan Wasiat dari segi pengertian disini adalah sama-sama memberikan harta benda secara sukarela.
Perbedaannya adalah jikalau wasiat harta benda itu diberikan ketika pewasiat tellah meninggal. Sedangkan hibah diberikan ketika pemberi hibah dan yang menerima masih hidup pada saat itu pula.


B.     PERBEDAAN HIBAH DAN WASIAT DARI RUKUN, SYARAT,  ASPEK HUKUM DAN SAKSI.
  RUKUN WASIAT
Adapun rukun wasiat itu ada empat, yaitu:
1)      redaksi wasiat (shighat),
2)      pemberi wasiat (mushiy),
3)      penerima wasiat (mushan lahu),
4)      barang yang diwasiatkan (mushan bihi).
5)      Kalimat wasiat (lafadz)

RUKUN HIBAH
Menurut ulama Hanafiyah, rukun hibah adalah ijab dan qabul sebab keduannya termasuk akad seperti halnya jual-beli. Sedangkan menurut jumhur ulama rukun hibah ada empat :
1)      pemberi hibah (al-Wahib)
2)      penerima hibah (al-Mauhud lahu)
3)      barang atau harta yang dihibahkan (Mauhud)
4)      Ijab dan qabul

Yang menjadi perbedaan rukun hibah dan wasiat adalah dari shigat wasiat dan kalimat wasiat, sedangka hibah menggunakan ijab qabul.

SYARAT-SYARAT WASIAT
Perkara yang menjadi syarat boleh dan sahnya wasiat secara syariah Islam adalah sbb:
1.      Syarat benda yang diwasiatkan
a.       Wasiat tidak boleh lebih dari 1/3 (sepertiga). Apabila lebih, maka untuk kelebihan dari 1/3 harus atas seijin ahli waris.
b.      Wasiat tidak boleh diberikan pada salah satu ahli waris kecuali atas seijin ahli waris lain.
c.       Boleh berupa benda yang sudah ada atau yang belum ada seperi wasiat buah dari pohon yang belum berbuah.
d.      Boleh berupa benda yang sudah diketahui atau tidak diketahui seperti susu dalam perut sapi.
e.       Harta benda yang diwasiatkan harus merupakan hak dari pewasiat.

2.      Syarat Pewasiat / Pemberi Wasiat (Al-Washi)
a.       Akil baligh
b.      Berakal sehat
c.       Atas kemauan sendiri.
d.      Boleh orang kafir asal yang diwasiatkan perkara halal.

3.      Syarat Penerima Wasiat (Al-Musho Lah الموصى له)
Penerima wasiat ada dua macam.
a)      Wasiat umum seperti wasiat pembangunan masjid;
b)      Wasiat khusus yaitu wasiat kepada orang/benda tertentu.
Kalau wasiat bersifat umum, maka tidak boleh untuk hal yang mengandung dosa (maksiat). Contoh, wasiat harta untuk pembangunan masjid boleh tetapi wasiat untuk membangun klab malam tidak boleh.
Untuk wasiat khusus maka syaratnya adalah sbb:
a)      Penerima wasiat hidup (orang mati tidak bisa menerima wasiat)
b)      Penerima wasiat diketahui (jelas identitas oragnya).
c)      Dapat memiliki.
d)     Penerima wasiat tidak membunuh pewasiat.
e)      Penerima wasiat menerima (qabul) pemberian wasiat dari pewasiat. Kalau menolak,     maka wasiat batal.

SYARAT-SYARAT HIBAH
Syarat hibah menurut ulama Hanabilah ada 11 :
1.      Hibah dari harta yang boleh di tasharrufkan
2.      Terpilih dan sungguh-sungguh
3.      Harta yang diperjual belikan
4.      Tanpa adanya pengganti
5.      Orang yang sah memilikinya
6.      Sah menerimanya
7.      Walinya sebelum pemberi dipandang cukup waktu
8.      Menyempurnakan pemberian
9.      Tidak disertai syarat waktu
10.  Pemberi sudah dipandang mampu tasharruf (merdeka, dan mukallaf)
11.  Mauhub harus berupa harta yang khusus untuk dikeluarkan.

C.    PERBEDAAN HIBAH DAN WASIAT DARI SUMBER HUKUM YANG MENAJADI LANDASANNYA.

DASAR HUKUM WASIAT
 يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ شَهَٰدَةُ بَيۡنِكُمۡ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ ٱلۡمَوۡتُ حِينَ ٱلۡوَصِيَّةِ ٱثۡنَانِ ذَوَا عَدۡلٖ مِّنكُمۡ أَوۡ ءَاخَرَانِ مِنۡ غَيۡرِكُمۡ إِنۡ أَنتُمۡ ضَرَبۡتُمۡ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَأَصَٰبَتۡكُم مُّصِيبَةُ ٱلۡمَوۡتِۚ تَحۡبِسُونَهُمَا مِنۢ بَعۡدِ ٱلصَّلَوٰةِ فَيُقۡسِمَانِ بِٱللَّهِ إِنِ ٱرۡتَبۡتُمۡ لَا نَشۡتَرِي بِهِۦ ثَمَنٗا وَلَوۡ كَانَ ذَا قُرۡبَىٰ وَلَا نَكۡتُمُ شَهَٰدَةَ ٱللَّهِ إِنَّآ إِذٗا لَّمِنَ ٱلۡأٓثِمِينَ ١٠٦
Hai orang-orang yang beriman, apabila salah seorang kamu menghadapi kematian, sedang dia akan berwasiat, maka hendaklah (wasiat itu) disaksikan oleh dua orang yang adil di antara kamu, atau dua orang yang berlainan agama dengan kamu, jika kamu dalam perjalanan dimuka bumi lalu kamu ditimpa bahaya kematian. Kamu tahan kedua saksi itu sesudah sembahyang (untuk bersumpah), lalu mereka keduanya bersumpah dengan nama Allah, jika kamu ragu-ragu: "(Demi Allah) kami tidak akan membeli dengan sumpah ini harga yang sedikit (untuk kepentingan seseorang), walaupun dia karib kerabat, dan tidak (pula) kami menyembunyikan persaksian Allah; sesungguhnya kami kalau demikian tentulah termasuk orang-orang yang berdosa"

DASAR HUKUM HIBAH
وَءَاتُواْ ٱلنِّسَآءَ صَدُقَٰتِهِنَّ نِحۡلَةٗۚ فَإِن طِبۡنَ لَكُمۡ عَن شَيۡءٖ مِّنۡهُ نَفۡسٗا فَكُلُوهُ هَنِيٓ‍ٔٗا مَّرِيٓ‍ٔٗا ٤
Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya
D.    PROSEDUR WASIAT
Dalam hal pembuatan surat wasiat, perlu adanya saksi dengan ketentuan sebagai berikut:
         ·            Pada pembuatan surat wasiat olografis dibutuhkan dua orang saksi. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut, pada saat pewaris menitipkan surat waris, kemudian notaris langsung membuat akta penitipan (akta van de pot) yang ditandatangani oleh notaris, pewaris, serta dua orang saksi dan akta itu harus ditulis di bagian bawah wasiat itu bila wasiat itu diserahkan secara terbuka, atau di kertas tersendiri bila itu disampaikan kepadanya dengan disegel.
         ·            Pada pembuatan surat wasiat dengan akta umum dibutuhkan dua orang saksi. Proses pembuatan surat wasiat dengan akta umum dilakukan di hadapan notaris yang kemudian ditandatangani oleh pewaris, notaris dan dua orang saksi.
         ·            Pada pembuatan surat wasiat dengan keadaan tertutup dibutuhkan empat orang saksi. Prosesnya yaitu pada saat penyerahan kepada notaris, pewaris harus menyampailkannya dalam keadaan tertutup dan disegel kepada Notaris, di hadapan empat orang saksi, atau dia harus menerangkan bahwa dalam kertas tersebut tercantum wasiatnya, dan bahwa wasiat itu ditulis dan ditandatangani sendiri, atau ditulis oleh orang lain dan ditandatangani olehnya.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Surat Wasiat, khususnya Surat Wasiat dibawah tangan agar bernilai hukum dan tidak cacat:
1.      Pemberi Wasiat Telah Dewasa
Agar perbuatan hukum membuat Surat Wasiatnya sah, seorang Pemberi Wasiat harus telah dewasa, yaitu telah berumur minimal 21 tahun. Pemberi Wasiat dapat dianggap telah dewasa meskipun belum 21 tahun kalau ia pernah melakukan perkawinan. 
2.      Obyek Wasiat Dijelaskan Secara Tegas
Obyek wasiat, yaitu harta benda yang ingin diwasiatkan, haruslah milik si Pemberi Wasiat sendiri dan sebaiknya disebutkan secara rinci dan jelas. Penyebutan rinci dan jelas ini harus disesuaikan dengan dokumen-dokumen kepemilikan dari Obyek Wasiat tersebut, misalnya Sertifikat Hak Milik (SHM) atas tanah milik Pemberi Wasiat. Obyek wasiat tersebut juga bukan merupakan barang-barang yang bertentangan dengan hukum, atau bertentangan dengan kesusilaan dan kepentingan umum.
3.      Para Pihak
Sebaiknya Surat Wasiat ditandatangani oleh semua pihak yang berkepentingan. Selain Pemberi Wasiat sendiri, Notaris juga perlu menandatangani Surat Wasiat atau akta-akta pendukung Surat Wasiat tersebut agar Surat Wasiatnya otentik dan berkekuatan hukum sempurna. Selain Saksi-saksi yang turut menyaksikan pemberian wasiat tersebut, Pelaksana Wasiat juga sebaiknya turut menandatangani Surat Wasiat sebagai bentuk konfirmasi persetujuannya mengeksekusi wasiat.
4.      Pemberi Wasiat Harus Memiliki Akal Sehat
Pemberi Wasiat harus memiliki akal yang sehat dan tidak terganggu jiwanya. Pemberi Wasiat juga harus tidak berada dalam tekanan atau paksaan ketika ia memberikan wasiatnya, atau tidak berada dalam kekhilafan dan kekeliruan juga tidak sedang berada dibawah pengampuan.
5.      Pencabutan Wasiat Sebelumnya
Untuk memastikan tidak ada wasiat lain yang diberikan kepada selain pihak-pihak yang tercantum dalam Surat Wasiat, maka dalam Surat Wasiat dicantumkan pencabutan wasiat-wasiat sebelumnya tersebut tanpa pengecualian.

E.     LEGAL DRAFT WASIAT

1.      Contoh Surat Wasiat Tanpa Notaris

SURAT WASIAT WARIS

Kami Yang Bertanda Tangan Di Bawah Ini :
Nama               : Zulfahmi
Tempat Lahir   : Cianjur
Tanggal Lahir  : 23 Agustus 1970
Sebagai Ayah Angkat
Saya dengan sadar dan tidak ada paksaan membuat Pernyataan Surat Wasiat Waris atau Hibah Harta Saya, kepada anak – anak angkat saya, yang telah saya sebutkan yaitu :
Materai Rp.6000,-
1. Fajri                (……………………)
2. Suhaimi          (……………………)
Untuk menyerahkan sebagian harta saya kepada mereka yang tertulis dibawah ini:
Rumah yang saya diami sekarang ini dan tanah perumahan yang ada didepan rumah saya beserta Perkebunan yang ada dibelakang rumah saya Apabila saya sudah tidak ada, dengan ketentuan harta itu digunakan, untuk menyelesaikan semua permesalahan utang piutang saya jika ada, 30 % saya wakafkan dari sisa harta keseluruhan, Dan harta yang tersisa dari penggunaan yang telah disebut, maka saya serahkan dengan pembagian rata kepada anak angkat saya yang telah saya sebutkan.
Demikianlah surat pernyataan Wasiat waris atau hibah harta saya buat,dengan di saksikan oleh saksi-saksi yang saya percaya.
Saksi dari keluarga saya:
1. Zulhilmi  ( Adik  kandung ) (tanda tangan)
2. Zulfajri  ( Adik  kandung ) (tanda tangan)

Cianjur, 05 April 2016
Yang Berwasiat Waris Ayah Angkat
Zulfahmi
Mengetahui                                                                             Mengetahui                  
Ketua RT. 05                                                                           Lurah/Kades


Subhan                                                                                   Mukhlis
NIP.                                                                                        NIP.


2.      Contoh Surat Wasiat Dengan Notaris
SURAT WASIAT
Pada hari ini, Selasa tanggal 05 April 2016 bertempat di Cianjur. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                       : Rubianto
Tempat/Tanggal Lahir : Cianjur/22 januari 1975
Alamat                                    : Jln. Melati No. 24 Cianjur (tuliskan secara lengkap)
No. KTP                                  : xxxxxxxxxxxxxxxx
Bersama ini menerangkan hal-hal sebagai berikut :
1. Bahwa, saya adalah pemilik yang sah atas harta kekayaan di bawah ini :
1.      Sebuah Tanah Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 234/3456 atas nama Rubianto yang bertempat di jalan Melati No. 24, Cianjur, Indonesia.
2.      Sebuah Ruko Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 1342/25643 atas nama Rubianto yang terletak di jalan Mawar No. 30, Cianjur, Indonesia.
3.      Sebuah kendaraan roda empat merek Toyota nomor BPKB 54673825 nomor STNK 256743567812
2. Bahwa, harta kekayaan saya tersebut sebagaimana dimaksud dalam angka 1 di atas, pada saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum apapun, tidak sedang dijadikan jaminan jenis hutang apapun, dan tidak sedang berada dalam penyitaan pihak Bank dan Instansi manapun.
3.Bahwa, saya bermaksud untuk menghibah wasiatkan harta kekayaan saya tersebut sebagaimana dimaksud angka 1 di atas kepada Andi Susanto anak kandung saya dan Julianto keponakan saya. Berdasarkan surat wasiat ini, yang nama-nama serta bagiannya masing-masing sebagaimana yang akan saya nyatakan di bawah ini :
Agar melaksanakan wasiat di atas, maka dengan ini saya mengangkat Andi Susanto anak saya dan Julianto keponakan saya sebagai pelaksana surat wasiat ini. Kepadanya saya berikan semua hak dan kekuasaan yang menurut undang-undang diberikan kepada pelaksana wasiat, terutama hak untuk memegang dan mengurus serta menguasai semua harta peninggalan saya, sampai kepadanya diberikan pengesahan dan pembebasan sama sekali.
Untuk melaksanakan surat ini, saya menitipkan surat wasiat ini kepada notaris Abdul Kadir, S.H., Notaris di banda Aceh yang saya kenal, dan kepadanya saya telah meminta dibuatkan akta penitipan atas surat wasiat ini.
Demikianlah surat wasiat ini saya buat, dengan disaksikan oleh saksi-saksi yang saya percaya.
1. Kamaruzzaman (Kepala Desa)  (tanda tangan saksi)
2. Mulyono, S.H (Pegawai Notaris) (tanda tangan saksi)

Yang berwasiat                                                                      Notaris

                                          Materai Rp. 6000-,

Rubianto                                                                        Abdul Kadir, S.H.,





Share:

0 komentar:

Post a Comment